Sabtu, 17 Desember 2011

Edward Wilson Hattrick, Semen Padang Tekuk Persema 6-2

 















Menyaksikan pertandingan melalui siarang langsung oleh MNC Group. Kiper Semen Padang mendapat perawatan media usai benturan dengan pemain Persema di Putaran Indonesian Premier League.
Padang - Semen Padang akhirnya berhasil memperoleh kemenangan pertamanya dalam kompetisi Indonesian Premier League (IPL). Dalam laga di Stadion H Agus Salim tadi sore, tim yang berjuluk Kabau Sirah berhasil menaklukkan Persema 6-2.  Striker Semen Padang Edward Wilson Junior membuat hattrick.  Enam gol yang terjadi babak kedua karena kedua tim bermain lebih lepas. Bahkan, Persema yang di babak pertama sempat tertekan, di babak kedua lebih berkembang. Sayangnya, Semen Padang harus kehilangan pemain belakang Abdul Rahman yang terkena akumulasi dua kartu kuning.
Inilah kemenangan pertama Semen Padang di IPL. Dalam dua laga sebelumnya, Kabau Sirah hanya memetik seri, yakni melawan Persib yang berakhir 1-1 dan lawan Persibo 0-0. Tiga gol yang dicetak oleh Edward Wilson Junior terjadi  di menit 56, 82, dan 87. Sedangkan gol lainnya dicetak oleh Ferdinand Sinaga di menit 44, Esteban Viscara di menit 49, dan Vendry Mofu di menit 34. Sedangkan gol Persema dicetak oleh Irfan Bachdim di menit 57 yang berhasil mengecoh penjaga gawang Jandia  Eka Putra. Gol lainnya dibuat Ngon Mamoun di menit 69.
Di babak pertama Semen Padang sudah beberapa kali mengancam pertahanan Persema yang tampak mulai tertekan sejak awal. Barisan tengah dan depan Semen Padang, seperti Elie Aiboy, Vendry Mofu,Ferdinand Sinaga, maupun David Pagbe kerap membuat penjaga gawang Persema Sukasto Efendi jatuh bangun.  Pertahanan Persema yang digalang Bima Sakti cukup rapat selama 15 menit pertama. Namun secara keseluruhan tuan rumah  menguasai pertandingan.
Pelatih Persema Slave Radovski memang banyak melakukan perubahan di laga pertama Persema ini. Irfan Bachdim lebih banyak operasi di sayap kiri. Sedangkan Kim Kurniawan ditarik ke belakang. Sementara Reza Mustofa yang kerap menjadi striker lebih banyak di tengah.
Barisan tengah Persema  memang agak memang kedodoran. Sebaliknya, Semen Padang lebih solid di tengah. Pressing yang begitu ketat akhirnya berbuah gol. Umpan Elie Aiboy dari sayap kanan disambut Vendry Mofu yang tak terkawal. 1-0 buat tuan rumah.
Persema bukannya  tak ada inisiatif menyerang.  Menit 35 umpan ke Irfan Bachdim namun gagal diselesaikan karena bola masih ke atas gawang. Reza Mustofa pun akhirnya turun membantu serangan.
Di menit 40 serangan balik Reza Mustofa berhasil diblok oleh kiper Semen Padang Jandia Eka Saputra. Sedangkan di menit 42 tackling pada Irfan Bachdim di luar kotak penalti gagal berbuah gol. Gol  kedua di menit 43 terjadi dari serangan balik tuan rumah. Vendry Mofu yang menggiring bola segera dioper ke Ferdinand Sinaga. Sukasto Efendi yang sudah keluar  gawang gagal menangkap bola. 2-0 untuk tuan tumah.
Sebelum babak kedua dimulai, hujan mulai turun tapi sampai mengganggu jalannya pertandingan.  Gol ketiga Semen Padang terjadi ketika Ferdinand Sinaga dari sektor kanan mengoper ke Esteban Viscara yang tak terkawal. Bola meluncur ke pojok kiri dan 3-0 untuk tuan rumah.  Persema kemudian lebih inisiatif menyerang ke sayap kiri dengan melakukan kerja sama antara Kim  Kurniawan dan Reza Mustofa.
Akhirnya. Irfan Bachdim berhasil membuat gol yang berasal dari umpan M Kamri yang baru masuk di babak kedua. 3-1 untuk Semen Padang. Tapi hasil ini tak lama karena menit 59 Edward Wilson Junior membuat gol bermula dari skrimit di depan gawang Sukasto Efendi. Gol ini memperbesar hasil kemenangan tuan rumah menjadi 4-1.
Giliran Ngon A Mamoun membuat gol dii menit 65 karena kelengahan pertahanan. Dia berhasil merebut bola yang sempat dikuasai pemain belakang tuan rumah. Namun di menit 69 crossing Edward Wilson yang sendirian mengolah bola gagal diselesaikan meski sudah ada Ferdinand Sinaga dan Elie Aiboy di depan gawang.
Di menit 82 terjadi gol dari Edward Wilson berawal dari umpan Viscara. Edward Wilson tak lama kemudian di menit 87 kembali membikin gol ketiganya. Suheri Daud yang menggantikan Ferdinand Sinaga juga membuat peluang emas tinggal berhadapan dengan Sukasto Efendi. Namun Kim Kurniawan yang turun ke bawah berhasil menyelamatkan bola.(Ronald Spartacks Sasaka)

Tidak ada komentar: