Sabtu, 07 Januari 2012

Round-Up Divisi Utama Liga Indonesia 2011/12: Persebaya Surabaya & PS Barito Putra Puncaki Klasemen

PSBS Biak menjadi satu-satunya tuan rumah yang menelan kekalahan pada akhir pekan ini.

Persitema 1-0 PSGL
Persitema Temanggung memetik kemenangan dalam debutnya dengan menundukkan PSGL Gayo Lues 1-0 di Stadion Bumi Phala. Di pertandingan ini, Persitema harus bermain dengan sepuluh orang setelah kiper M Haris diganjar kartu merah akibat menanduk pemain PSGL di menit ke-35.

Gol tunggal kemenangan Persitema dilesakkan Iwan Hadi Pratama lewat tendangan keras dari luar kotak penalti ketika laga baru berjalan tujuh menit. Kalah jumlah pemain, Persitema memilih mengamankan keunggulan.
Persebaya 2-0 Persih
Kemenangan 2-0 atas Persih Tembilahan di Stadion Gelora 10 Nopember membuat Persebaya Surabaya memuncaki klasemen Grup 1 dengan nilai enam. Menguasai permainan, Persebaya mengalami kesulitan menjebol gawang Agus Salim yang bermain cemerlang di babak pertama.

Kebuntuan Persebaya terpecahkan di menit ke-51 melalui eksekusi penalti Anoure Richard Obiora. Agus terpaksa memungut bola dari jalanya untuk kali kedua empat menit sebelum pertandingan berakhir akibat blunder yang dilakukannya saat mengantisipasi sepak pojok M Hamzah.
Persitara 2-2 Persiku
Persitara Jakarta Utara nyaris menelan kekalahan di kandang ketika menjamu Persiku Kudus, dan akhirnya memaksa laga berakhir imbang 2-2 di Stadion Tugu. Persiku sempat unggul saat laga berjalan delapan menit melalui Indra Lesmana.

Namun Patricio Jimenez berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-19. Joko Purnomo kembali membawa Persiku unggul selang delapan menit kemudian. Eksekusi penalti Patricio di menit ke-59 berhasil menghindari Persitara kekalahan. Hasil itu membuat Persitara gagal memuncaki klasemen Grup 1.
PSMP 2-0 Persigo
PS Mojokerto Putra memetik kemenangan perdana setelah menaklukkan Persigo Gorontalo 2-0 di Satdion GOR Gajah Mada. Hasil itu membuat PSMP naik ke posisi empat klasemen sementara Grup 2 dengan nilai empat.

Abdul Rokhim membawa tuan rumah unggul lebih dulu melalui gol yang dilesakkannya pada menit ke-14. PSMP berusaha untuk menggandakan keunggulannya. Namun upaya itu baru terwujud di menit ke-78 melalui pemain pengganti Catur Mardayanto.
PS Sumbawa Barat 2-0 Perssin
PS Sumbawa Barat kembali menuai kemenangan dalam kiprah mereka di Divisi Utama setelah menundukkan Perssin Sinjai 2-0 di Stadion Gelora Turide. Hasil itu membuat PS Sumbawa Barat menempati posisi ketiga klasemen sementara Grup 2.

Saddam Husain menjadi pahlawan kemenangan tuan rumah di pertandingan ini. Saddam Husain menjebol gawang tim tamu ketika laga baru berjalan tiga menit, dan menggandakannya di menit ke-23. Laga ini berlangsung keras, sehingga wasit mengeluarkan tujuh kartu kuning, empat diantaranya diterima pemain Perssin.
Persid 3-1 PSBK
Persid Jember menapak ke peringkat dua klasemen Grup 2 dengan koleksi nilai enam setelah menundukkan PSBK Blitar 3-1 di Stadion Notohadinegoro. Bagi PSBK, ini merupakan hasil mengecewakan dalam debut mereka di Divisi Utama.

Titus Johnson Junior memecahkan kebuntuan tuan rumah saat babak kedua baru berjalan lima menit. Jaya Hartono menggandakan keunggulan Persid di menit ke-70, dan Ibnu Suhandak memperbesarnya selang dua menit kemudian. Gol Gatot Ismawan di menit ke-77 hanya bisa memperkecil kekalahan.
PSBS 1-3 PS Barito
PS Barito Putra sukses menuai angka penuh dalam laga tandangnya usai membekap PSBS Biak 3-1 di Stadion Cenderawasih, sehingga memuncaki klasemen sementara dengan nilai enam. Tuan rumah sempat unggul lebih dulu saat pertandingan berjalan sepuluh menit melalui Alex Rumaropen.

Namun keunggulan itu tidak bisa dipertahankan. Tendangan keras Sackie Teah Dou memaksa kiper Biaj Renold Rumaropen memungut bola dari jalanya di menit ke-18. Nengue Bienvenu menggandakan keunggulan tim tamu di menit ke-34, sebelum akhirnya Sackie memastikan kemenangan menjadi 3-1 pada menit ke-71.

Perseru 1-0 Persepam
Persepam Pamekasan gagal melanjutkan hasil positif di laga pertama setelah dipaksa menyerah 1-0 dari tuan rumah Perseru Serui di Stadion Marora. Kekalahan itu juga membuat posisi Persepam gagal memuncaki klasemen Grup 2.

Tampil di kandang, Perseru langsung menerapkan permainan agresif. Tuan rumah sudah unggul ketika laga berjalan seperempat jam melalui gol Aboubacar Camara. Selepas itu, Perseru mengalami kesulitan untuk menembus pertahanan Persepam.

PS Bengkulu 0-0 Persis
PS Bengkulu harus puas bermain imbang tanpa gol melawan Persis Solo di Stadion Semarak. Dengan demikian, baik PS Bengkulu dan Persis sama-sama mengoleksi hasil imbang dari dua laga yang telah dijalani di Grup 1.

Dalam pertandingan ini, PS Bengkulu dan Persis memperagakan permainan terbuka. Persis mendapat peluang emas untuk meraih kemenangan di menit ke-80. Namun, tendangan Januar Ruspuspito masih terlalu lemah, walaupun kiper Rahmad AP sudah sempat mati langkah.

Tidak ada komentar: